Perusahaan teknologi penyedia jasa open source Red Hat, Inc. kembali menggelar Forum Asia Pasific ke 9, tahun 2019 di 9 kota besar di dunia. Setelah berlangsung di Singapura, giliran Jakarta – Indonesia yang berlangsung di Shangrila Hotel, Kamis (3/10/2019).

Di tengah gempuran distrupsi teknologi yang menyerang industri, ajang tahunan ini bertujuan memberdayakan perusahaan dalam memanfaatkan kekuatan hybrid cloud. Dalam forum kali ini keynote pembuka membahas “Mengubah Cara Kita Bekerja/Changing The Way Work” dimana cara kita bekerja saat ini sudah tidak bisa lagi sesuai struktur organiasai yang kaku.

Selain menggelar forum, tentunya ada tujuan dalam hal bisnis, dimana Red Hat mengajak perusahaan-perusahaan menggunakan open source untuk bisa berkembang lebih cepat melalui kolaborasi dan beroperasi dengan transparan serta kepercayaan.  Red Hat Forum Asia Pasifik 2019 yang mengambil tema “Expanding Your Possibilities” juga menginspirasi perusahaan dalam mengatasi tantangan yang mereka hadapi dengan open source.

Red Hat Innovation Awards Asia Pasifik 2019

Pada kesempatan itu, Red Hat juga memberikan penghargaan kepada dua perusahaan terkemuka di Indonesia yang telah memanfaatkan open source untuk bertransformasi dan modernisasi teknologi perusahaan mereka.

Penerima penghargaan pertama dari industri perbankan, yakni PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) sebagai bank swasta nasional terbesar di Indonesia untuk kategori Integrasi Agile. Dalam membantu meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia, BCA berusaha menjadi lebih agile, mengembangkan dan menerapkan layanan dengan cara yang lebih responsif.

Hermawan Thendean, Executive Vice President Group Strategic Information Technology BCA mengatakan, pihaknya terus memodernisasi arsitektur TI agar dapat memberikan solusi bagi kebutuhan nasabah secara efisien dan cepat.

Dari sini kemudian BCA beralih dari platform integrasi aplikasi enterprise lama ke platform yang menawarkan integrasi berbasis API agar lebih fleksibel. Kemampuan ini membantu mempercepat waktu mencapai pasar dari inisiatif dan fitur-fitur baru dari produk yang sudah ada. Pada akhirnya memberdayakan BCA menghadirkan layanan dalam memenuhi kebutuhan nasabah secara tepat, aman, nyaman dan efisien.

Kemudian Telkomsel menjadi penerima penghargaan pada kategori Transformasi Digital. Operator terbesar di Indonesia ini melayani sekitar 168 juta pelanggan yang tersebar di seluruh pelosok nusantara. Telkomsel dikenal dengan inovasinya yang konsisten dalam memperluas bisnis digitalnya, termasuk gaya hidup digital, layanan keuangan mobile, iklan digital, Big Data, dan Internet of Things (IoT).

Telkomsel telah mampu meningkatkan kelincahan bisnisnya sejak bekerja sama dengan Red Hat, sehingga mencapai peningkatan tiga kali lipat dalam mencapai pasar dengan produk-produk terbaru. “Persaingan industri yang ketat sejak 2017 menempatkan kami untuk merencanakan transformasi bisnis secara digital strategis agar tetap berada di garis depan inovasi,” ujar Metra Cahya Utama, Senior Vice President Business IT Delivery Telkomsel.

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *